Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih di Plolybag

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih di Plolybag - Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan di berbagai masakan indonesia, Walaupun harga bawang putih di pasaran cenderung terjangkau karena memang tidak terlalu mahal namun tentu nya tidak ada salah nya untuk mencoba menanam nya sendiri terutama jika kamu suka berkebun atau memiliki taman di belakang atau depan rumah.
Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih di Plolybag
Cara menanam bawang putih ini memang termasuk simple dan mudah sama seperti Cara menanam bawang merah yang sudah admin tulis sebelum nya kamu akan langsung mengetahui cara menanam bawang putih yang baik dan benar setelah selesai membaca artikel ini.
Persiapan yang kamu perlukan untuk menanam bawang putih adalah 

  1. Pot atau Poly Bag yang memiliki lubang di bagian bawah untuk membuang air yang berlebihan
  2. Tanah berpasir, untuk hasil terbaik gunakan campuran tanah, pasir dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1 namun jika tidak menggunakan pupuk kompos kamu bisa gunakan perbandingan 1/3pasir dan sisa nya tanah.
  3. Bibit Bawang Putih yang memiliki kondisi baik yang selanjut nya ciri ciri bibit yang baik akan di jelaskan pada bagian pemilihan bibit.

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih di Plolybag

1. Pemilihan Waktu
Waktu terbaik untuk menanam bawnag putih adalah pada musim kemarau dimana curah hujan tidak begitu tinggi, alasan nya adalah bawang putih merupakan tanaman yang mudah membusuk ketika tanah terlalu memiliki banyak kandungan air, namun sebener nya hal ini tidak terlalu berpengaruh jika kamu akan menanam bawang putih di polybag.

Karena kamu bisa menaruh Polybag yang berisi tanaman bawang putih di tempat yang terkena cahaya matahari namun terhindar dari hujan, belum lagi pemilihan wadah tanam pot dan polybag yang bawah nya memiliki lubang untuk mengeluarkan air akan sangat membantu untuk mencegah bawang membusuk karena terlalu banyak air.

2. Persiapan Media Tanam
Kondisi tanah terbaik untuk menanam bawang putih adalah tanah berpasir karena itu untuk hasil optimal campurkan tanahm pasir serta pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1 sebelum akhir nya di masukan ke dalam Polybag atau Pot, jika kamu menggunakan wadah untuk menanam bawang putih yang cukup besar kamu bisa menanam lebih dari 1 benih dengan syarat setiap benih memiliki jarak 7-10CM agar umbi bisa tumbuh dengan leluasa.

3. Pemilihan Bibit
Untuk pemilihan bibit pastikan bibit yang kamu pilih dalam keadaan segar tidak memiliki lecet ataupun busuk, Jika kamu mempunyai bawang putih yang sudah muncul kecambah kamu bisa langsung menanam bawang putih tersebut, namun jika tidak kamu bisa menyimpan bawang putih yang akan di jadikan bibit di dalam kulkas selama 1-2minggu sampai bibit muncul.
Pemilihan Bibit Bawang Putih
Atau kamu juga tidak perlu menunggu muncul nya kecambah jika memang dirasa lama kamu bisa langsung menanam biji bawang putih nya di tanah pastikan tempat muncul nya kecambah menghadap ke atas.

4. Pemeliharaan Bawang putih
Bawang putih yang sudah di tanam sebaik nya disimpan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan jangan lupa secara rutin untuk menyiram nya agar kondisi tanah tetap menjadi lembab, namun jangan sampai terlalu berlebihan juga karena akan menyebabkan bawang putih busuk.
Ideal nya sama seperti tanaman lain lakukan penyiraman 2kali sehari pada pagi dan sore hari, agar hasil lebih maksimal kamu bisa memberi kan pupuk setiap minggu nya, bisa menggunakan pupuk organik namun buat yang ingin simple gunakan pupuk NPK sebanayak 1gram/polybag (takaran yang sama seperti pada pemupukan bawang merah)

Jangan lupa perhatikan untuk membersihkan gulma agar tanaman bawang putih nya bisa tumbuh dengan lebih maksimal

5. Proses Panen Bawang Putih
Proses Panen Bawang Putih
Pada umum nya pertumbuhan bawang putih akan semakin cepat jika terkena sinar matashari yang cukup pada masa penanaman nya sebalik nya jika tanaman bawang putih jarang terkena sinar matahari akan memakan waktu lebih lama untuk proses panen, namun ciri ciri umum bawang putih yang sudah siap panen adalah.
  1. Berusia 90-120hari sejak proses tanam dilakukan
  2. Lebih dari 50% dari daun yang sudah menguning dan layu
  3. Batang yang sudah mulai mengeras
Setelah kamu memanen keringkan bawang putih selama kurang lebih 1minggu sampai akhir nya bawang putih bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

6. Kesimpulan
Bawang putih memiliki beberapa Varietas, namun pada umum nya cara dan proses menanam nya tidak jauh berbeda, oleh karena itu buat kamu yang suka berkebun atau baru ingin mulai mencoba berkebun di lahan yang sangat terbatas menanam bawang putih ini bisa menjadi pilihan yang bagus karena selain simple hasil nya pun pasti bermanfaat, sebagai tambahan admin juga menyediakan Video cara menanam bawang putih buat kamu yang belum begitu mengerti jika hanya dari tulisan dan gambar.

0 komentar